Senin, 09 November 2015

HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI DAN PERENCANAAN

          Apa yang kita ketahui tentang komunikasi ? Menurut definisi James A.F.Stoner komunikasi adalah proses dimana seseorang berusaha memberikan pengertian dengan cara pemindahan pesan. Komunikasi juga dibagi menjadi beberapa klasifikasi. Klasifikasi komunikasi menurut west dan turner dibagi menjadi 7 , yaitu : 1). Komunikasi intrapersonal yaitu proses komunikasi yang dilakukan dengan diri sendiri. 2). Komunikasi interpersonal yaitu proses komunikasi yang dilakukan antara individu secara langsung dengan tatap muka (face to face communication). 3). Komunikasi Kelompok Kecil yaitu proses komunikasi yang dilakukan oleh individu dengan kelompok kecil, kelompok kecil ini biasanya berjumlah antara lima sampai tujuh orang. 4). Komunikasi Organisasi, komunikasi ini berkaitan dengan komunikasi interpersonal yang berlangsung dalam suatu organisasi. 5). Komunikasi Publik yaitu komunikasi yang dilakukan oleh seorang individu terhadap orang banyak (khalayak) dan pesan dalam komunikasi ini bersifat persuasive dengan selalu memperhatikan analisis khalayak, kredibilitas komunikator dan proses penyampaian pesan yang sifatnya membujuk. 6). Komunikasi Massa yaitu menyapaikan pesan dengan menggunakan media, baik media cetak, elektronik   maupun new media (media online). 7). Komunikasi antarbudaya yaitu komunikasi yang dilakukan oleh individu-individu yang memiliki latar belakang budaya yang berbeda-beda. Dari beberapa klasifikasi komunikasi tadi kita dapat mengetahui bahwa komunikasi ini sangat penting baik dalam kehidupan sehari-hari maupun didunia kerja.
          Di dalam dunia kerja khususnya pada bidang perencanaan wilayah dan kota, Selain komunikasi kita juga perlu mengetahui tentang media komunikasi , salah satu contoh media komunikasi adalah peta. Peta merupakan  gambaran sebagian permukaan bumi di atas bidang datar (kertas) dengan skala tertentu, misalnya 1 : 10.000. Peta tidak bisa mengambarkan seluruh objek yang ada dipermukaan bumi, semakin besar skala semakin sedikit area/objek yang dapat digambarkan tetapi informasinya semakin detil, sebaliknya semakin kecil skala semakin banyak area/objek yang dapat digambarkan tetapi informasinya semakin kurang detil, misalnya perumahan digambarkan dalam bentuk blok pemukiman. Mengapa peta disebut sebagai media komunikasi? Peta disebut sebagai media komunikasi karena peta dapat memberikan informasi spasial suatu daerah di atas kertas. Peran peta sendiri sangatlah penting di bidang perencanaan karena pada beberapa program perencanaan seperti AutoCad dan ArcGIS menggunakan peta sebagai sumber datanya . Tidak hanya komunikasi, peta juga memiliki beberapa klasifikasi yaitu 
1. Berdasarkan skala
  •  Peta kadaster,  berskla 1 : 100 –  1 : 5.000
  • Peta skala besar,  berskala  1 : >5.000 –  1 :  250.000
  • Peta skala sedang, berskala 1 : >250.000 –  1 : 500.00
  • Peta skala kecil, beskala  1 : > 500.000 –  1 : 1.000.000
  • Peta geografi, berskla  1 : > 1.000.000
2. Berdasarkan Isinya
  • Peta umum : peta yang menggambarkan segala sesuatu yang ada dalam suatu daerah yang dipetakan. Contoh : peta topografi, peta chorografi, peta dunia
  • Peta khusus/ tematik : peta yang hanya menggambarkan kenampakan tertentu saja atau menggambarkan satu aspek saja. Contoh peta kepadatan penduduk, peta geologi, peta navigasi, peta pariwisata, peta kontur dll 
3.  Berdasarkan bentuk
  • Peta foto : yang dihasilkan dari mosaik foto udara/ortofoto yang dilengkapi garis kontur, nama, dan legenda.
  • Peta garis : peta yang menyajikan detail alam dan buatan manusia dalam bentuk titik, garis, dan luasan. Misal: peta rupa bumi (topografi), peta tematik.
Di dalam peta itu sendiri terdapat beberapa unsur penting yang harus ada di dalamnya , seperti  
a.      Judul Peta
Judul peta mencerminkan isi dan tipe peta. Judul biasanya dicantumkan di bagian atas  peta dengan huruf besar. Fungsi judul adalah menunjukkan daerah yang digambarkan oleh peta tersebut.
b.      Orientasi Peta/ Penunjuk Arah
Merupakan gambar penunjuk arah mata angin, pada umumnya peta berorientasi Utara, diletakkan di sudut kanan atas atau tempat lain yang kosong  
c.       Skala
Skala adalah angka yang menunjukkan perbandingan antara jarak di peta dengan jarak yang sebenarnya di permukaan bumi. Secara umum skala dapat dibedakan menjadi 3 yaitu :
1)      Skala angka/numerik 
Skala yang berupa angka-angka. Misalnya skala peta  1: 200.000, skala peta 1 : 1.000.000 dan sebagainya
2)      Skala Garis/Grafik 
Skala yang ditunjukkan dengan membuat garis linier dengan membuat perbandingan pada setiap ruasnya. Contoh :   0                1                   2                   3
3) Skala kalimat/Verbal 
Skala yang menggunakan kalimat baku sebagai pentunjuk skala. Jenis skala ini banyak dipakai di Eropa yang biasanya menggunakan satuan inchi dan mil. Contoh : One Inch to two miles
d.      Legenda/keterangan
Legenda adalah keterangan yang penting yang memberikan keterangan dan penjelasan tentang simbol-simbol yang terdapat pada peta.
e.       Garis koordinat astronomi
Garis ini diperlukan untuk mengetahui letak astronomi suatu tempat. Biasanya terdiri dari garis bujur dan garis lintang yang dituliskan di tepi peta dengan menujukkan berapa derajat, berapa menit dan berpa detik.
f.       Lattering/tata tulis
Adalah tata tulis tulisan dan angka. Secara umum penulisan suatu obyek pada obyek daratan ditulis dengan huruf tegak, sedangkan simbol obyek perairan ditulis dengan huruf miring.
g.      Sumber dan Tahun pembuatan
Sumber peta sangat penting, terutama untuk peta thematik. Sedangkan tahun pembuatan sangat penting mengingat ada tidaknya obyek pada waktu pembuatan sekarang ataua kemudian ahri akan berubah baik medan yang alami maupun medan buatan
h.      InsetInset adalah peta kecil yang berfungsi memberikan tekanan atau penjelasan pada peta utama. Sehingga akan memperjelas dan mempertajam informasi peta utama.
i.        Garis tepiBerfungsi mempermudah dalam membuat peta. Biasanya dibuat rangkap dua
j.        Tata warnaTata warna sangat penting jika peta yang dibuat adalah peta berwarna. Fungsi warna  adalah sebagai berikut :1) membedakan tinggi rendahnya suatu daerah dan kedalaman laut 2) memberikan kualitas dan kuantitas peta3) keindahan ( estetika)
k.      Simbol
Simbol adalah tanda atau lambang yang mewakili obyek di permukaan bumi yang terdapa pada peta. Mengingat pentingnya materi ini, maka simbol disajikan pada bagian tersendiri sebagai berikut.
         Pada Perencanaan Wilayah dan Kota, Peta merupakan bagian penting dalam membuat produk-produk perencanaan seperti Rencana Pembangunan Nasional jangka panjang, menengah dan juga Rencana kerja Perangkat Daerah. Untuk jangka waktu Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional adalah 20 tahun. Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional akan ditinjau setiap 5 tahun sekali. Semua ketentuan tersebut telah tercantum dalam UU no 26 tahun 2007 tentang penataan ruang. Adapun perbedaan rencana tata ruang terletak pada lokasi dan spesifikasi dalam perencanaan. 

          Selain menggunakan peta, masih banyak media informatif yang dapat digunakan sebagai visual perencanaan , yaitu web GIS, animasi, posterm video dan maket. Web GIS merupakan aplikasi yang menggambarkan suatu keadaan geografis permukaan bumi, pemetaan tersebut dapat dilihat secara online dengan menggunakan Google Earth, Map Server, Mapfish, Geo Server dll. Lalu ada Poster yang merupakan salah satu media informatif yang bertujuan untuk mengajak pembaca. Poster juga biasa digunakan untuk mengiklankan sesuatu. Perbedaan poster dengan media lain yaitu pada poster terdapata prinsip keseimbangan dimana tidak ada berat pada satu sisi seperti tulisan tetapi seimbang antara tulisan dan gambar. Prinsip lainnya adalah penekanan pada warna dan dan tulisan. Berikutnya animasi , yang merupakan gambar bergerak yang memiliki alur. Lalu ada video yang merupakan rekaman yang memuat proses dalam perencanaan. Terakhir ada maket yang adalah tiruan suatu objek yang memiliki skala untuk dibandingkan dengan yang asli.

          Untuk memudahkan dalam pembuatan produk Perencanaan Wilayah dan Kota, dibutuhkan aplikasi yang dapat mengolah suatu data atau membuat sebuah peta. Beberapa aplikasi yang paling umum digunakan diantaranya adalah
  1. AutoCad
    Perangkat lunak komputer untuk menggambarkan 2D atau 3D yang dikembangkan oleh Autodesk. Dalam AutoCad tidak digambarkan jelas mengenai kepadatan penduduk, sarana sekolah yang ada dan lain sebagainya. Di dalam AutoCad kita hanya bisa menggambarkan batasan garis seperti jaringan jalan, garis bangunan, taman dan informasi berupa teks sebagai pemberitahuan tentang nama tempat yang diamati.
  2. ArcGIS
    Aplikasi ini hampir sama kegunaannya dengan AutoCad hanya saja ArcGIS lebih terperinci karena pada ArcGIS data dapat dimasukkan ke dalam peta seperti informasi tentang kepadatan penduduk, jumlah fasilitas sekolah, wilayah industri, perdagangan dll.
  3. SketchUp
    Sketch Up adalah sebuah aplikasi design grafis yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat berbagai design grafis jenis model dan model yang dibuat nanti diletakkan di Google Earth atau bisa juga di Google D warehouse. SketchUp berisi tentang gambaran yang mencakup sebuah koridor dan lebih terlihat gambaran yang akan direncanakan dalam bentuk 3D namun wilayah cakupannya tidak terlalu besar dan hanya sebatas koridor.
  4. CorelDraw
    CorelDraw merupakan program komputer yang melakukan editing pada garis vektor. Gambar yang dihasilkan pada CorelDraw berbasis vektor dapat ditekankan pada tingkat yang paling rendah namun hasil gambar tetap bagus. Namun pada CorelDraw, jika ada penggabungan objek vektor dan foto , kualitas gambar yang dihasilkan akan kurang memuaskan.

Daftar Pustaka:
http://www.artikelsiana.com/2015/02/pengertian-komunikasi-tujuan-fungsi-manfaatnya.html
http://muktikomunikasi.blogspot.co.id/2014/03/klasifikasi-dan-konsep-dasar-komunikasi.html
http://wisnunatural.blogspot.co.id/2012/04/peta.html
https://utomogeo83.wordpress.com/2011/05/24/prinsip-prinsip-dasar-peta-dan-pemetaan/
file.upi.edu/Direktori/FPIPS/.../4_Produk_Perencanaan_Ruang.pdf
https://id.wikipedia.org/wiki/AutoCAD
https://sabrinahelper.wordpress.com/2014/10/25/makalah-singkat-tentang-software-arcgis/
https://blackhole342.wordpress.com/2013/01/20/sketchup/
https://belajar-komputer-mu.com/pengertian-dan-kegunaan-program-corel-draw/






Tidak ada komentar:

Posting Komentar